Langsung ke konten utama

Minum Air Es Setelah Berolahraga, Baik Atau Tidak?


Setelah berpanas-panasan dan berolahraga secara intensif, biasanya secara otomatis tubuh kita haus akan minuman yang dingin dan segar. Sebotol air es pun jadi tampak sangat menggoda. Apalagi jika kita pernah mendengar mitos yang menyebutkan bahwa minum air es setelah berolahraga bisa mempercepat proses pembakaran lemak dan kalori sehingga kita pun jadi lebih cepat kurus. Akan tetapi, minum air es setelah kita berolahraga mungkin membawa risiko-risiko sendiri yang tidak kita ketahui. Sebelum menenggak habis air es kita setelah berolahraga, perhatikan dulu fakta-fakta berikut ini.


Apa Bedanya Air Es Dengan Air Dingin?

Sebelum memahami pengaruh minum air es pada tubuh setelah berolahraga, kita perlu mengetahui bahwa air es dan air dingin tidaklah sama. Air dingin berkisar pada suhu 4 hingga 15 derajat Celcius. Suhu air es rata-rata berada di bawah 4 derajat Celcius. Ini berarti memasukkan satu atau dua butir es batu tidak lantas menjadikan air kita sedingin es, hanya mendinginkannya saja. Bila mengukur suhu air sulit dilakukan, coba rasakan sendiri saat kita minum karena biasanya air es akan menyebabkan gigi Anda ngilu. 

Benarkah Minum Air Es Setelah Berolahraga Bisa Bikin Kurus Lebih Cepat?
   
Banyak orang percaya bahwa minum air es setelah berolahraga bisa membantu kalori terbakar lebih banyak sehingga kita yang sedang berusaha menurunkan berat badan akan tergoda untuk mencoba metode ini. Minum air es setelah suhu badan meningkat karena olahraga memang akan membakar kalori kita. Pada kenyataannya, kalori yang terbakar dalam proses menghangatkan atau menyesuaikan suhu air es dengan suhu badan yang panas setelah berolahraga sangatlah sedikit. Untuk membakar sekitar 15 kalori, kita harus menghabiskan dua gelas air es atau setara dengan 400 mililiter. Itu berarti untuk mengurangi 1 kilogram dari berat tubuh kita, kita harus menenggak 102 liter atau setara dengan 400 gelas air es. Maka, minum air es setelah berolahraga bukanlah cara yang tepat atau efektif jika kita ingin menurunkan berat badan

Benarkah Organ-Organ Tubuh Akan Kaget Karena Air Es Yang Terlalu Dingin? 

kita juga mungkin pernah mendengar larangan untuk minum air es setelah berolahraga karena suhu tubuh jadi panas dan air es akan membuat organ-organ dalam tubuh yang tersiram “kaget”. Bila kita minum terlalu banyak air es yang suhunya di bawah 3 derajat Celcius, memang ada kemungkinan pembuluh darah menyempit dan hal ini berisiko menyebabkan aliran darah terhenti. Namun, hal ini tak terjadi serta-merta karena adanya perubahan suhu yang mendadak terjadi. Suhu yang terlalu dingin pada dasarnya bisa mengakibatkan penyempitan dan penyusutan. Inilah sebabnya jika kita makan es krim atau cairan yang terlalu dingin, otak kita terasa seperti membeku. Ini adalah cara tubuh untuk mengingatkan kita supaya jangan langsung mengonsumsi makanan atau minuman es terlalu cepat dan banyak-banyak. Maka, sebaiknya kita menghindari minum air es yang terlalu dingin dan terlalu banyak dalam situasi apa pun.  

Mengapa Air Es Sebaiknya Tidak Diminum Setelah Berolahraga?

Ternyata minum air es setelah berolahraga tidak dianjurkan oleh ahli kesehatan. Air es justru berisiko menimbulkan dampak-dampak yang tidak baik bagi butuh. Berikut adalah penjelasan mengapa air es sebaiknya kita hindari setelah berolahraga.

1. Tidak Cepat Di Serap Tubuh
 
Berbeda dengan air dingin atau air dengan suhu ruangan, air es sulit diserap oleh tubuh kita setelah berolahraga. Air dingin bisa melewati lambung lebih cepat sehingga air tersebut bisa dikirimkan menuju usus halus untuk penyerapan yang lebih maksimal. Setelah berolahraga, tubuh kita lebih mudah mengalami dehidrasi karena kita kehilangan banyak cairan lewat keringat. Maka, air es yang tidak cepat diserap tubuh justru akan membuat kita merasa semakin haus. Kita justru lebih mudah terserang dehidrasi dan rasa kembung. 

2. Buang Air Kecil
 
Minum air es bisa membuat kita lebih sering buang air kecil. Ini karena kandung kemih yang terletak persis di depan usus halus. Semakin dingin suhu usus halus kita, urin pun akan menjadi semakin dingin dan sulit ditahan oleh kandung kemih. Jika kita terlalu sering buang air kecil, tubuh kita bisa kekurangan potasium dan sodium. Untuk menyiasati hal ini, kita bisa menambahkan sedikit garam pada air minum kita untuk menyeimbangkan berbagai elektrolit yang hilang selama kita berolahraga. 

3. Hyponaternia
 
Minum air es lebih sulit menghilangkan dahaga kita karena air es sulit diserap tubuh. Maka, beberapa orang akhirnya memilih untuk minum berbotol-botol air es sekaligus. Ternyata hal ini bisa membahayakan nyawa karena minum air terlalu banyak tanpa jeda berisiko menyebabkan hyponatermia. Hyponatermia terjadi karena sodium pada darah menurun drastis secara tiba-tiba. Sodium merupakan elektrolit yang bertugas untuk mengatur kadar air dalam tubuh. Ketika kita kekurangan elektrolit ini, sel-sel dalam tubuh kita bisa mengalami pembengkakan. Inilah yang pada beberapa kasus berisiko menyebabkan kematian. 

Berapa Suhu Air Yang Baik Untuk Diminum Setelah Berolahraga?

Hindari air yang terlalu dingin atau terlalu hangat untuk diminum setelah berolahraga. Suhu yang direkomendasikan berkisar pada 4 hingga 15 derajat Celcius. Air dingin terbukti lebih baik bagi tubuh kita setelah berolahraga karena lebih cepat diserap oleh tubuh dan bisa mencegah suhu tubuh kita meningkat secara drastis. Jika tidak ada air dingin, air dengan suhu kamar bisa menjadi pilihan setelah berolahraga.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toko Olahraga Favorit, yang Paling Dicari dan Lengkap!

Hai Pecinta Olahraga ! disini kami pengen nge-share / berbagi tempat-tempat peralatan olahraga yang menurut kami murah dibanding di tempat lain. Dengan pengalaman kami selama kami berbelanja di tempat perlengkapan olahraga, kami harap kalian yang sedang membutuhkan perlengkapan-perlengkapan olahraga dapat membeli perlengkapan ini di tempat-tempat yang pernah kami beli ya! cuss, langsung saja !   1. Yang pertama adalah Dunia Bola Rawamangun yang ada di seberang Labschool Rawamangun dan UNJ, begitu masuk jalan pemuda ga jauh dari situ slow down terus lihat ke arah kiri. Tokonya sederet sama Pom Bensin, letak persisnya sebelah kiri gak jauh setelah pom bensin ada rumah makan padang (lupa namanya). Tempatnya rada kecil gitu jadi kalo lo mau kesana harus bener – bener fokus nyari tempatnya karena nyempil gitu. Alamat persis : Jl. Pemuda No.35 A Rawamangun Jakarta Timur. Telepon: 021 4786 2416, Hp: 0812 869 9379. Buka tiap Hari dari jam 09.00 – 21.00. Libur tetep buk

Sepatu Piero, Sepatu Kualitas Tinggi Asal Indonesia!

Siapa sangka ternyata produsen merk sepatu terkenal Piero merupakan asli Indonesia, setelah dilihat sekilas dari segi nama brand, kemasan, sampai hasil akhir sepatu yang ada ini  memang kelihatannya seperti produk luar negeri. Tak disangka memang, Piero merupakan produk asli Indonesia yang berpusat di Jakarta. Sepatu ini bukan merk sepatu biasa, dikarenakan mempunyai gerakan atau misi untuk mengembangkan hobi dan semangat anak muda. Salah satunya adalah skateboard, supaya olahraga casual yang satu ini bisa tetap ada di Indonesia dan menelurkan para atlit-atlit skate sebanyak mungkin. Sepatu Piero Skateboarding Piero didirikan sejak tahun 1999 dan masih bertahan sampai sekarang untuk memproduksi sepatu-sepatu yang berkualitas, awet dan mempunyai desain yang bagus. Jenis sepatunya pun bermacam-macam, disesuaikan dengan keinginan anak muda yang cerah dan dinamis. Salah satu sepatu yang mempunyai kelebihan tersendiri adalah sepatu dengan kode HB II yang tersedia dalam beberap

Apa itu Geoff Max?

Zaman sekarang banyak sekali anak muda yang lebih memilih melakukan aktivitas sehari-hari dengan mengenakan sneakers atau sepatu casual, baik itu saat sedang hang out di mal, nongkrong-nongkrong di kafe, atau saat pergi ke kampus. Bisa anda lihat sendiri rata-rata anak mudah masa kini jarang memakai alas kaki yang ribet atau terlalu formal, karena selain terlihat simpel sneakers casual juga membuat mereka terlihat lebih modis, fashionable , dan gaul. Tapi sayangnya untuk harga sepasang sneakers casual yang trendy, original, dan bermerek biasanya dibandrol dengan harga yang tidak murah alias mahal, coba saja cek harga-harga sneakers tersebut di Sports Station , pasti akan membuat anak-anak muda ini geleng-geleng kepala karena harganya. Sehingga banyak dari mereka yang beralih memutuskan untuk membeli sneakers KW atau tiruan dengan harga yang jauh lebih murah, tentu saja kualitasnya tidak sebagus produk sneakers yang original. Mengingat doku atau uang saku dimana sebagia