Langsung ke konten utama

Mana yang Lebih Baik: Makan Sebelum Olahraga atau Setelah Olahraga?



Jika kalian sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, maka olahraga merupakan hal yang tidak boleh ketinggalan untuk dilakukan. Namun, mungkin sering kali kita bingung, kapan waktu yang ideal untuk makan, apakah makan sebelum melakukan olahraga atau setelah olahraga?

Makan sebelum olahraga dapat menaikkan berat badan?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Belgia, meneliti bagaimana perubahan berat badan orang yang makan sebelum olahraga dan orang yang makan setelah olahraga. Sebanyak 27 pria usia muda diberikan makanan yang tinggi kalori dan tinggi lemak selama enam minggu berturut turut. Kemudian mereka dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok yang tidak melakukan olahraga sama sekali, kelompok yang sarapan dengan makanan tinggi karbohidrat sebelum melakukan olahraga, serta kelompok yang makan dengan makanan yang tinggi karbohidrat namun dikonsumsi setelah olahraga.
Bukan hal yang aneh jika peningkatan berat badan yang paling tinggi terjadi pada kelompok yang tidak melakukan olahraga sama sekali. Namun, hasil lain menunjukkan bahwa kelompok yang makan setelah olahraga memiliki peningkatan berat badan yang paling rendah, bahkan tidak mengalami peningkatan berat badan sama sekali. Meskipun belum banyak penelitian lain yang menemukan hasil yang sama seperti penelitian yang telah disebutkan tadi, hal ini menunjukkan bahwa apa yang kita makan sebelum olahraga sangat berpengaruh pada perubahan berat badan. Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak sebelum olahraga juga juga dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan perut sakit ketika melakukan olahraga, hal ini disebabkan oleh waktu makan yang kurang tepat.

Namun, makan sebelum olahraga dapat memaksimalkan pembakaran kalori

Banyak yang beranggapan bahwa olahraga dengan perut kosong dapat memaksimalkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh, namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika kita olahraga dengan perut kosong, maka tubuh mengalami kekurangan energi, kemudian kita tidak akan sanggup melakukan olahraga dengan baik dan tidak dapat membakar kalori secara maksimal.
Prinsipnya, tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan dan memprosesnya menjadi energi yang dapat kita pakai untuk beraktivitas dan olahraga. Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan tergantung dengan jumlah serta jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan yang tinggi lemak, protein, dan serat, membutuhkan waktu cerna lebih lama, begitu juga jumlah makanan yang banyak. Oleh karena itu, lebih baik mengonsumsi makanan yang rendah lemak serta kalori, sekitar 3 hingga 4 jam sebelum olahraga, seperti roti gandum dengan telur atau sereal dengan susu. Namun jika kita melakukan olahraga di pagi hari dan tidak terbiasa mengonsumsi makanan berat, maka kita dapat mengonsumsi makanan ringan 1 hingga 2 jam sebelum olahraga, seperti buah dengan yogurt rendah lemak, jus buah, atau sereal.

Makanan yang dianjurkan setelah olahraga

Makan 15 hingga 30 menit setelah melakukan olahraga merupakan waktu yang ideal untuk mengganti energi dalam tubuh. Sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat untuk mengganti glikogen dalam tubuh dan protein untuk membantu tubuh membangun massa otot. Sebuah riset yang dilakukan di The Colorado State University Extension, makanan yang baik dikonsumsi setelah melakukan olahraga adalah makanan yang terdiri dari karbohirat dan protein serta mengandung sedikit lemak. Sedangkan menurut The Academy of Nutrition and Dietetics, segelas cokelat rendah lemak dapat menjadi selingan yang tepat bagi kita yang ingin ngemil setelah melakukan olahraga.
Oleh karena itu, hal yang paling penting adalah waktu dan jumlah porsi, serta jenis makanan yang kita makan sebelum maupun sesudah olahraga. Semua zat gizi diperlukan untuk mempertahankan fungsi tubuh, namun konsumsi sesuai dengan kebutuhan merupakan hal yang sangat mempengaruhi peningkatan, penurunan, ataupun mempertahankan berat badan. Dengan memperhatikan keseluruhan zat gizi yang dimakan sebelum dan setelah melakukan olahraga, dapat membantu kita memaksimalkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toko Olahraga Favorit, yang Paling Dicari dan Lengkap!

Hai Pecinta Olahraga ! disini kami pengen nge-share / berbagi tempat-tempat peralatan olahraga yang menurut kami murah dibanding di tempat lain. Dengan pengalaman kami selama kami berbelanja di tempat perlengkapan olahraga, kami harap kalian yang sedang membutuhkan perlengkapan-perlengkapan olahraga dapat membeli perlengkapan ini di tempat-tempat yang pernah kami beli ya! cuss, langsung saja !   1. Yang pertama adalah Dunia Bola Rawamangun yang ada di seberang Labschool Rawamangun dan UNJ, begitu masuk jalan pemuda ga jauh dari situ slow down terus lihat ke arah kiri. Tokonya sederet sama Pom Bensin, letak persisnya sebelah kiri gak jauh setelah pom bensin ada rumah makan padang (lupa namanya). Tempatnya rada kecil gitu jadi kalo lo mau kesana harus bener – bener fokus nyari tempatnya karena nyempil gitu. Alamat persis : Jl. Pemuda No.35 A Rawamangun Jakarta Timur. Telepon: 021 4786 2416, Hp: 0812 869 9379. Buka tiap Hari dari jam 09.00 – 21.00. Libur tetep buk

Sepatu Piero, Sepatu Kualitas Tinggi Asal Indonesia!

Siapa sangka ternyata produsen merk sepatu terkenal Piero merupakan asli Indonesia, setelah dilihat sekilas dari segi nama brand, kemasan, sampai hasil akhir sepatu yang ada ini  memang kelihatannya seperti produk luar negeri. Tak disangka memang, Piero merupakan produk asli Indonesia yang berpusat di Jakarta. Sepatu ini bukan merk sepatu biasa, dikarenakan mempunyai gerakan atau misi untuk mengembangkan hobi dan semangat anak muda. Salah satunya adalah skateboard, supaya olahraga casual yang satu ini bisa tetap ada di Indonesia dan menelurkan para atlit-atlit skate sebanyak mungkin. Sepatu Piero Skateboarding Piero didirikan sejak tahun 1999 dan masih bertahan sampai sekarang untuk memproduksi sepatu-sepatu yang berkualitas, awet dan mempunyai desain yang bagus. Jenis sepatunya pun bermacam-macam, disesuaikan dengan keinginan anak muda yang cerah dan dinamis. Salah satu sepatu yang mempunyai kelebihan tersendiri adalah sepatu dengan kode HB II yang tersedia dalam beberap

Apa itu Geoff Max?

Zaman sekarang banyak sekali anak muda yang lebih memilih melakukan aktivitas sehari-hari dengan mengenakan sneakers atau sepatu casual, baik itu saat sedang hang out di mal, nongkrong-nongkrong di kafe, atau saat pergi ke kampus. Bisa anda lihat sendiri rata-rata anak mudah masa kini jarang memakai alas kaki yang ribet atau terlalu formal, karena selain terlihat simpel sneakers casual juga membuat mereka terlihat lebih modis, fashionable , dan gaul. Tapi sayangnya untuk harga sepasang sneakers casual yang trendy, original, dan bermerek biasanya dibandrol dengan harga yang tidak murah alias mahal, coba saja cek harga-harga sneakers tersebut di Sports Station , pasti akan membuat anak-anak muda ini geleng-geleng kepala karena harganya. Sehingga banyak dari mereka yang beralih memutuskan untuk membeli sneakers KW atau tiruan dengan harga yang jauh lebih murah, tentu saja kualitasnya tidak sebagus produk sneakers yang original. Mengingat doku atau uang saku dimana sebagia